Buldozer

blogger templates

        Bulldozer adalah jenis alat berat yang mempunyai traksi besar. Dapat melakukan pekerjaan menggali, menggusur, meratakan, menarik dan dapat dioperasikan pada medan yang berlumpur, berbatu, berbukit dan di daerah yang berhutan.
Pada sistem Buldozer Terbagi menjadi 3 Jenis:
1.  Power Train Dirrect Drive Type
     Buldozer type ini sistemnya tidak jauh berbeda dengan mobil biasa, memiliki kopling,    transmission type gear, dll.

2.  Power Train Hydroshift Type
     Untuk type Buldozer ini tidak menggunakan kopling, dan sebagai pengganti kopling menggunakan Inching yang prinsif kerjanya menggunakan sistem hydraulis.
Pada Transmission menggunakan disk & clutch dan tidak menggunakan gear.
3.  Power Train Torqflow Type
     Budlozer yang terakhir ini type yang pemindah tenaga menggunakan fluid, komponen yang di gunakan untuk pengganti kopling maupun inching yaitu Torqueventer.
Pada Transmission menggunakan disk & clutch dan tidak menggunakan gear dan type ini yang paling banyak sekarang di gunakan.

ATTACHHMENT KERJA PADA BULDOZER
~ Rake Blade
Adalah blade berbentuk garpu erpasang pada bagian depan unit bulldozer,gunanya untuk mencabut sisa-sisa akar pohon dan mendorongranting-ranting kayu.Kerusakantop soiljauh lebih kecil dibanding dengan blade biasa.
~ Ripper 
Riper adalah peralatan yang berbentuk taji,dipasang pada bagian belakang Bulldozer. Riper digunakan untuk memecah batu, tanah keras menjadi bongkahan-bongkahan dan selanjutnya dapat didorong.
Ada dua jenisripper yaitu:
1. Giant riper
2. Multi shank ripper
 ~Towing Winch
Towing Winch adalah gulungan kawat bajayang dipasang dibelakangunit dozer, digunakan untuk menarik kayu, unit, Portable camp, danlain-lain.
~ Backhoe
Backhoe adalah peralatan yang dipasang di belakang unit dozer dan berfungsi untuk membuat parit dengan kemampuan swing 180derajat.
~Straight Tilt Blade
Blade yang dapat ditinggikan sebelah untuk kemiringan hasil pemotongan. 
Disamping itu pada medan tanah lembek, blade dengan tilt ini dapat bekerja efektif.

       Sekian dulu ya, semoga dapat membantu menambah wawasan kita
       Silahkan tinggalkan komentar...

0 Response to "Buldozer"

Posting Komentar